Matikan Adblock Anda ...!!!

Matikan Adblock Anda ...!!!

Hit enter after type your search item
Home / Cloud Storage / Cara menggunakan Google Drive

Cara menggunakan Google Drive

/
57 Views

Google Drive adalah cloud storage service yang sangat populer yang memungkinkan Anda menyimpan berbagai file ke cloud dan kemudian mengaksesnya dari smartphone , tablet , atau komputer Anda. Aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya pada sebagian besar ponsel Android baru, dan Anda sudah memiliki akun jika pernah menggunakan Gmail.

google drive
Sumber : www.google.com/drive

Ini bagus dan mudah digunakan, tetapi jika Anda baru mengenal penyimpanan cloud dan belum pernah menggunakan pesaing seperti Dropbox atau Box, itu bisa sedikit berlebihan. Untuk membantu, kami menyusun panduan pemula ini tentang cara menggunakan Google Drive. Jika Anda belum memilikinya, klik tombol download Drive di bawah ini untuk menginstall aplikasi di Android atau iOS.

Apa itu Google Drive? Bagaimana cara kerjanya?

Kami tidak akan terlalu teknis di sini, tetapi Google Drive adalah solusi penyimpanan Google Cloud. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan media dan dokumen Anda di server Google sehingga Anda dapat mengosongkan ruang di hard drive Anda dan mengaksesnya dari hampir semua perangkat dengan koneksi internet.

Sebelum kita menyelami semua fitur dan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan Google Drive, mari kita bicara tentang beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui. Yang pertama adalah bahwa Anda memerlukan akun Google untuk menggunakan layanan ini. Ini gratis dan dapat diatur dalam beberapa menit . Akun ini memberi Anda akses ke semua layanan Google, termasuk Drive, Gmail, Foto, YouTube, Play Store , dan sebagainya.

Anda dapat mengakses Drive di web dengan menuju ke drive.google.com atau melalui aplikasi Android gratis . Anda juga dapat melihat semua file Anda melalui folder Drive di PC Anda dengan Google Drive untuk Desktop, tetapi Anda harus mengunduh perangkat lunak terlebih dahulu.

Anda dapat memperoleh perangkat lunak dengan mengunjungi situs web Drive. Dari sini Anda klik pada icon setting di kanan atas, lalu Dapatkan Drive untuk desktop . Ikuti instruksi penginstalan, lalu jalankan program dan lanjutkan proses setup, setelah itu Anda akan melihat ikon Google Drive di bawah tab Favorites pada Windows.

Harga Google Drive

Sumber : one.google.com

Ketika membuat akun, Anda mendapatkan 15GB gratis, yang dibagi antara Drive, Gmail, dan Foto. Itu cukup bagi kebanyakan orang, tetapi Anda dapat menambahkan lebih banyak untuk biaya berlangganan bulanan atau tahunan. Langganan ini sekarang disebut Google One , dan memberikan manfaat tambahan lebih banyak penyimpanan seperti rebates di Google Store dan pengguna tambahan untuk families.

Kami hanya fokus pada harga Google Drive di sini, jadi mari kita lihat. Paket 100GB dengan harga $ 2 per bulan, 200GB dengan harga $ 3 per bulan, sedangkan 2TB biaya $ 10 per bulan.

Jenis file yang didukung

Storage space adalah perhatian utama bagi sebagian besar solusi penyimpanan cloud, tetapi batasan tipe file mungkin juga penting bagi banyak pengguna. Untungnya, Google Drive mendukung banyak jenis file termasuk .jpeg, .png, .gif, mpeg4, .mov, dan .avi – lihat daftar lengkapnya di sini . Ada juga batasan ukuran file di tempat, tetapi mereka tidak akan menyebabkan masalah bagi sebagian besar pengguna:

  • Documents: Hingga 1,02 juta karakter. Jika Anda mengonversi dokumen teks ke format Google Documents, ini dapat mencapai 50 MB.
  • Spreadsheets: Hingga dua juta sel untuk spreadsheet yang dibuat atau dikonversi ke Google Sheets.
  • Presentations: Hingga 100MB untuk presentasi yang dikonversi ke Google Slides.
  • Semua file lain: Hingga 5TB.

Itu saja untuk primer kami tentang Google Drive, beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui sebelum memulai.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar