Matikan Adblock Anda ...!!!

Matikan Adblock Anda ...!!!

Hit enter after type your search item
Home / Cloud Storage / Google Drive vs. OneDrive: Mana yang lebih baik untuk bisnis Anda?

Google Drive vs. OneDrive: Mana yang lebih baik untuk bisnis Anda?

/
334 Views

Bagaimana Anda memilih cloud storage dan layanan kolaborasi untuk kebutuhan Anda? Berikut adalah pro dan kontra dari dua penyedia teratas.

Memindahkan file bisnis Anda bersama dari server lokal ke cloud tidak lebih dari sekadar menghilangkan sakit kepala mengelola perangkat keras lokal. Ini juga memungkinkan skenario yang sulit atau tidak mungkin direalisasikan menggunakan server pribadi Anda.

Google Drive vs OneDrive

Layanan cloud storage yang dikelola dengan baik menghubungkan langsung ke aplikasi yang Anda gunakan untuk membuat dan mengedit dokumen bisnis, membuka kunci skenario kolaborasi untuk karyawan di organisasi Anda dan memberi Anda pelacakan versi yang kuat sebagai manfaat tambahan. Setiap anggota organisasi Anda dapat membuat dokumen spreadsheet atau presentasi) menggunakan PC kantor mereka, dan kemudian meninjau komentar dan perubahan dari rekan kerja menggunakan ponsel atau tablet.

Layanan penyimpanan file berbasis cloud juga memungkinkan Anda untuk berbagi file dengan aman, menggunakan tautan atau email khusus, dan memberi Anda wewenang untuk mencegah orang-orang di organisasi Anda membagikan rahasia perusahaan Anda tanpa izin. Dengan bantuan klien sinkronisasi untuk setiap platform desktop dan seluler utama, karyawan memiliki akses ke file kerja utama kapan saja, di mana saja, di perangkat apa pun.

Anda mungkin sudah memiliki akses ke fitur kolaborasi cloud kekuatan penuh tanpa menyadarinya. Jika Anda menggunakan Microsoft 365 (sebelumnya dikenal sebagai Office 365) atau Google G Suite, cloud storage bukan produk yang terpisah, ini adalah fitur. Panduan ini membantu Anda memahami dan membuka kunci kolaborasi penuh dan kemampuan berbagi dari layanan berbasis cloud tersebut.

APAKAH LAYANAN PENYIMPANAN CLOUD GRATIS CUKUP BAIK UNTUK BISNIS ANDA?

Perbandingan ini sebagian besar berkaitan dengan edisi bisnis layanan penyimpanan cloud andalan dari Microsoft dan Google, OneDrive for Business (bagian dari keluarga Microsoft 365 / Office 365) dan Google Drive untuk bisnis (bagian dari G Suite). Kedua perusahaan menawarkan versi konsumen dari layanan penyimpanan cloud andalan mereka. Versi pribadi OneDrive dan Google Drive menyertakan tingkat gratis, dengan opsi untuk meningkatkan jumlah ruang penyimpanan yang tersedia dengan biaya tahunan.

Jadi apa perbedaan antara layanan cloud yang berfokus pada konsumen dan layanan yang ditujukan untuk bisnis? Singkatnya, manajemen. Organisasi memiliki langganan bisnis, dan administrator yang bekerja atas nama organisasi memberikan lisensi dan menetapkan kebijakan berbagi file dan penyimpanan; organisasi memiliki kendali penuh atas file yang disimpan, yang penting ketika perusahaan tunduk pada litigasi yang memerlukan pelestarian dokumen.

Dalam kepemilikan perseorangan atau bisnis kecil berbasis rumah (terutama operasi keluarga paruh waktu), Anda dapat menghemat sejumlah besar uang dengan berlangganan Microsoft 365 Family (sebelumnya Office 365 Home). Untuk $100 per tahun, paket itu termasuk hak untuk berbagi langganan dengan 5 orang lainnya, yang masing-masing mendapat 1 TB penyimpanan cloud dan kemampuan untuk berkolaborasi pada dokumen Office, menggunakan alamat Outlook.com gratis alih-alih email alamat dalam domain khusus. Paket Microsoft 365 Business Standard dengan 6 pengguna yang sama memerlukan biaya hingga $900 per tahun. Untuk bisnis yang sangat kecil yang tidak memiliki atau membutuhkan toko IT, itu terlalu banyak uang yang harus dibayar untuk keuntungan yang tidak terlalu besar.

Perlu dicatat bahwa perjanjian persyaratan dan layanan terbaru untuk paket konsumen Office 365 mencakup ketentuan bahwa langganan ini untuk “penggunaan pribadi atau nonkomersial”. Untuk bisnis yang sangat kecil, pembatasan itu tidak mungkin dilaksanakan. Tetapi untuk organisasi yang lebih besar itu adalah bendera merah yang signifikan.

Ekonomi sedikit berbeda dengan paket Google, karena tidak ada yang setara dengan paket Microsoft 365 Family. Alternatif terdekat adalah langganan Google One , yang memungkinkan bisnis kecil membayar jumlah penyimpanan tetap dan kemudian membaginya dengan maksimal 5 orang, menggunakan akun Google gratis dan alamat Gmail. Biayanya sama dengan add-on penyimpanan untuk G Suite Basic, mulai dari $2 per bulan (atau $ 20 per tahun) untuk 100 GB penyimpanan bersama hingga $10 per bulan ($ 100 per tahun) untuk 2 TB. Tingkat Google One yang menawarkan penyimpanan yang dapat dibagikan hingga 30 TB tersedia, dengan biaya bulanan yang tinggi.

Tetapi begitu bisnis Anda membutuhkan domain khusus atau harus berurusan dengan kepatuhan terhadap peraturan, batasan layanan konsumen menjadi sangat jelas. Kelemahan yang paling serius dari semua adalah bahwa Microsoft atau Google dapat mematikan akun email gratis itu dan layanan terkait kapan saja, dengan hak banding yang terbatas untuk pengguna yang terpengaruh. Jika Anda memiliki domain sendiri, Anda memiliki tingkat dukungan yang lebih tinggi dan kebebasan untuk memindahkan data Anda kapan saja.

APA SAJA PESAING LAIN YANG TERSEDIA?

Tentunya tidak ada kekurangan penyedia dalam penyimpanan cloud dan ruang kolaborasi. Panduan ini berfokus pada dua pemimpin yang tidak perlu dalam ruang, tetapi Anda pasti memiliki alternatif.

Apple iCloud dan Amazon Drive adalah layanan yang berfokus pada konsumen yang menargetkan pelanggan inti masing-masing perusahaan tetapi gagal dalam hal fitur bisnis.

Adobe Cloud Kreatif dan Cloud Dokumen menawarkan layanan penyimpanan yang ditujukan untuk para profesional kreatif yang bekerja dengan aplikasi terkait seperti Photoshop, Lightroom, dan Acrobat.

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud independen paling terkenal, dengan tingkatan konsumen dan bisnis dan ikatan yang kuat dengan Microsoft Office. Box (sebelumnya Box.net) lebih matang, sekitar dua tahun, dan memiliki serangkaian tambahan kekuatan profesional yang sama kuatnya untuk menghubungkan ke aplikasi Office.

Yang kurang terkenal tetapi pasti patut dipertimbangkan adalah Intermedia’s SecuriSync , yang tersedia sebagai produk mandiri atau sebagai bagian dari paket berlangganan yang mencakup Microsoft Office 365. (Intermedia adalah mitra Microsoft.)

Anda juga dapat memilih dari berbagai layanan perusahaan khusus, termasuk Egnyte , yang menawarkan fitur tata kelola data dan kemampuan untuk menyebarkan lingkungan cloud hybrid menggunakan kombinasi layanan cloud publik (Microsoft, Google, atau Amazon, misalnya) dan penyimpanan tempat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar