Matikan Adblock Anda ...!!!

Matikan Adblock Anda ...!!!

Hit enter after type your search item
Home / Cloud Storage / Manfaat Menggunakan Cloud Storage

Manfaat Menggunakan Cloud Storage

/
11 Views

Layanan cloud storage sangat populer. Itu karena mereka menawarkan sejumlah manfaat yang membuat biaya lebih dari sepadan.

Drew Houston, pendiri Dropbox, terkenal mengatakan bahwa dia datang dengan ide untuk apa yang akan menjadi salah satu layanan cloud storage paling populer ketika dia menyadari dia lupa USB thumb drive-nya. Cloud storage memberi Anda fleksibilitas; Anda tidak perlu memiliki penyimpanan data di dekat Anda karena layanan seperti Dropbox dan Google Drive selalu tersedia.

Manfaat Menggunakan Cloud Storage

Dengan cloud storage, Anda dapat mengakses file di mana saja di mana Anda bisa mendapatkan koneksi internet. Anda mungkin berada di tengah gurun, tetapi jika Anda bisa mendapatkan sinyal, Anda bisa membuka file Anda, dan itulah manfaat terbesar dari layanan penyimpanan seperti ini.

Cloud storage juga memecahkan masalah memiliki ruang disk yang rendah di PC atau perangkat seluler Anda. Dengan file video, aplikasi, dan bahkan sistem operasi yang semakin besar, terlalu mudah untuk mengisi solid state drive super cepat Anda. Untuk membantu mengatasi masalah ini, cloud storage memungkinkan Anda mentransfer file dari hard drive Anda ke cloud.

Anda masih dapat mengakses file-file ini kapan pun Anda membutuhkannya, tetapi mereka tidak akan mengambil semua ruang hard drive Anda. Ini juga membantu menangani masalah lain; hard drive yang rusak dapat menyebabkan hilangnya semua data Anda. Foto, dokumen: semua hilang.

Dengan cloud storage, bahkan jika hard drive Anda gagal, file Anda aman dan dapat diambil kembali. Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan data, karena Anda dapat menyimpan salinan file penting Anda pada layanan penyimpanan pilihan Anda.

Pembaruan Otomatis

Manfaat lain, jika Anda perlu meyakinkan, adalah bahwa file Anda akan diperbarui secara otomatis di semua perangkat. Buat perubahan pada file di desktop Anda dan file yang sama di ponsel Anda akan langsung menunjukkan perubahan yang sama.

Itu membuat cloud storage sangat berguna ketika Anda berpikir tentang kolaborasi . Banyak orang dapat bekerja pada file yang disimpan di cloud pada saat yang sama dan melihat perubahannya secara real time.

Juga mudah untuk berbagi file di cloud storage dengan teman, keluarga, dan kolega Anda. Penyedia seperti Sync.com memungkinkan Anda mengirim tautan ke file Anda, yang kemudian dapat diakses penerima dari lokasi lain. Anda dapat mengatur izin jika Anda ingin membatasi kemampuan untuk mengedit file, dan bahkan kata sandi melindunginya untuk keamanan ekstra.

Namun, ada beberapa kelemahan cloud storage. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, cloud storage umumnya memerlukan koneksi internet untuk mengunggah file Anda. Jika Anda offline, Anda tidak akan dapat mengakses file Anda (kecuali untuk data yang disimpan secara lokal).

Sebagian besar penyedia layanan akan membiarkan Anda menyimpan file secara lokal dan di cloud, jadi ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah. Namun, semakin lama Anda offline, semakin besar perbedaan antara file cloud Anda dan file lokal.

Ada juga masalah keamanan dan privasi untuk dipertimbangkan. Dropbox mengalami pelanggaran big data pada 2012, dengan 68 juta kata sandi pengguna bocor secara online. Beberapa penyedia juga akan memindai file Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar kebijakan mereka.

Jika Anda tidak menyukai gagasan ini, carilah penyedia yang menawarkan zero-knowledge encryption, yang berarti bahwa data cloud Anda disimpan dalam bentuk terenkripsi, dan hanya Anda (bukan penyedia Anda) yang memegang kunci untuk mendekripsi mereka. Anda dapat melihat daftar layanan best zero-knowledge cloud storage kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Biaya Cloud Storage

Kelemahan terakhir dari layanan cloud storage adalah Anda mungkin harus membayarnya. Sebagian besar penyedia menawarkan akun gratis, tetapi Anda tidak mendapatkan penyimpanan gratis dalam jumlah besar, dan beberapa manfaatnya dibatasi untuk membayar pelanggan. Jika Anda penasaran, tampilan kami pada beberapa opsi cloud storage gratis terbaik akan membantu Anda memutuskan.

Untuk pengguna biasa, Anda harus membayar untuk memiliki ruang yang cukup untuk semua file Anda. Berita baiknya adalah bahwa harga cukup masuk akal, dan Anda tidak perlu membobol bank untuk menyimpan file Anda, terutama terhadap biaya membeli lebih banyak penyimpanan fisik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar