Matikan Adblock Anda ...!!!

Matikan Adblock Anda ...!!!

Hit enter after type your search item
Home / Cloud Storage / Apa Solusi Cloud Storage Terbaik Di Tahun 2020?

Apa Solusi Cloud Storage Terbaik Di Tahun 2020?

/
271 Views

Cloud storage memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan file mereka di drive online, sehingga memungkinkan untuk mengakses dokumen di mana pun koneksi internet tersedia.

Ini juga bertindak sebagai semacam cadangan jika salinan lokal hilang atau rusak. Sebagian besar layanan cloud storage menawarkan sinkronisasi file otomatis sehingga ketika file lokal diedit atau diubah, salinan “di cloud” juga diperbarui.

Sebagian besar layanan cloud storage menawarkan aplikasi atau antarmuka web, sehingga memudahkan untuk mengakses file Anda, di mana pun Anda berada. Untuk pejuang jalanan seperti saya, ini membuatnya nyaman, apa pun komputer atau perangkat yang saya gunakan.

Penyedia cloud storage memiliki sejumlah besar server yang tersebar di seluruh dunia, memastikan keamanan data Anda karena redundansi. Karena data Anda tidak disimpan hanya di satu drive, seperti di komputer atau perangkat elektronik lainnya, tidak ada bahaya jika terjadi kegagalan hard drive.

Pada artikel ini, saya akan berbagi informasi dengan Anda tentang 5 layanan cloud storage teratas dan apa yang mereka tawarkan. Semua menawarkan tingkat layanan gratis serta tingkat berbayar, yang biasanya mencakup layanan tambahan. Saya akan membahas fitur dari masing-masing 5 penyedia Cloud Storage berikut.

Cloud Storage terbaik
( Sumber gambar : www.klikmania.net )

5 Penyedia Cloud Storage Terbaik di tahun 2020

Memutuskan layanan cloud storage mana yang tepat untuk Anda bisa membingungkan dan membuat frustrasi. Jadi, saya telah melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Saya telah meneliti dan menguji berbagai layanan cloud storage, dan 5 penyedia cloud storage berikut ini terbukti menjadi yang terbaik di industri.

Peringkat penyedia cloud storage terbaik adalah sebagai berikut:

  • google Drive
  • Dropbox
  • Microsoft OneDrive
  • Apple iCloud
  • Amazon Drive

Memilih Penyedia Cloud Storage
Saat Anda memutuskan penyedia cloud storage untuk menyimpan file penting pribadi dan terkait bisnis, ada sejumlah pertimbangan yang perlu diingat.

Ketika saya memberi peringkat penyedia cloud dalam artikel ini, saya mempertimbangkan faktor-faktor berikut dengan cermat:

  • Reputasi penyedia cloud storage
  • Apakah penyedia menawarkan paket storage gratis dan berbayar
  • Ukuran drive yang ditawarkan
  • Perangkat lunak yang digunakan penyedia cloud storage

5 solusi cloud storage teratas saya adalah sebagai berikut:

  1. Google Drive
    Google Drive ikut serta dengan login Google Anda. Itu sama dengan yang Anda gunakan untuk mengakses akun Gmail Anda dan masuk hampir di semua tempat di web. (Anda menyadari bahwa Google melacak Anda saat Anda melakukannya, bukan? Tapi itu topik untuk artikel lain .)

Google Drive menawarkan potongan penyimpanan 15GB secara gratis, dan Anda dapat membayar untuk meningkatkan storage Anda. Penyimpanan 100 GB tersedia dengan harga $1,99 per bulan atau $19,99 per tahun. Tambahan 1TB dari Google cloud akan menghasilkan $9,99 per bulan, atau $ 99,99 per tahun.

Google Drive berfungsi seperti Dropbox dan OneDrive di mana Anda menginstal aplikasi mereka dan mengatur folder hard drive sebagai folder sinkronisasi Anda. Setiap perubahan yang dilakukan pada folder ini atau file di dalamnya akan diupload ke Google Drive Anda di cloud.

Pengguna Google yang menggunakan Gmail, Google Foto, Google Dokumen, atau aplikasi produktivitas kantor Google G Suite juga dapat menyimpan lampiran, dokumen, foto, dan jenis file lainnya di Google Drive mereka untuk kemudahan akses, pengelolaan konten, dan berbagi.

Pembeli dari salah satu laptop anggaran Google yang terhubung ke internet dan terhubung ke internet mendapatkan 100 GB penyimpanan data gratis selama dua tahun saat membeli Chromebook baru.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Google Drive.

  1. Dropbox
    Dropbox , menurut pendapat saya, adalah layanan cloud storage yang paling mudah digunakan yang tersedia saat ini.

Selain penyimpanan file cloud dasar yang baik, layanan ini menawarkan sinkronisasi data. Apa pun yang disimpan ke dalam folder Dropbox di komputer atau perangkat seluler Anda maka secara otomatis akan disimpan ke drive cloud Dropbox Anda juga.

Dropbox tersedia untuk platform Windows Desktop, macOS, Linux, iOS, Android, Kindle Fire, dan Windows Mobile Phone dan Tablet.

Setelah aplikasi dipasang di komputer atau perangkat seluler, semua file Anda yang disimpan di Dropbox tersedia untuk komputer atau perangkat itu. Hal ini memudahkan untuk selalu memiliki versi terbaru dari file yang dapat segera diakses.

Banyak pengguna menganggap cloud storage sama dengan backup cloud. Meskipun ada kesamaan, Dropbox dan layanan cloud hosting lainnya tidak boleh digunakan sebagai pengganti cadangan hard drive yang sebenarnya. Dropbox, dan solusi cloud storage lainnya yang akan kami lihat, dimaksudkan untuk membuat file Anda tersedia di mana pun ada koneksi internet.

Keuntungan lain dari Dropbox adalah layanan ini menawarkan API bagi pengembang untuk menyertakan kompatibilitas Dropbox di aplikasi mereka. Ini telah menyebabkan sejumlah besar aplikasi desktop dan seluler yang menyertakan fitur sinkronisasi Dropbox di aplikasi mereka.

Dropbox menawarkan tingkat langganan dasar gratis, yang memberi Anda cloud storage 2GB. Paket “Dropbox Plus” juga tersedia, yang menampilkan hosting cloud 1TB seharga $9,99 per bulan, atau $8,25 per bulan jika Anda memilih untuk membayar layanan setahun di muka.

Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan Dropbox tambahan secara gratis dengan merujuk teman Anda ke layanan tersebut . Untuk setiap teman yang mencoba Dropbox atas rujukan Anda, Anda akan mendapatkan penyimpanan ekstra 500MB. Anda dapat mengambil hingga 16GB cloud storage pribadi melalui referensi.

Pengguna bisnis dapat berlangganan paket yang menawarkan mulai dari 2TB hingga jumlah “Anda yang memutuskan” untuk cloud storage seharga $15 per pengguna dan lebih tinggi. Harga untuk jumlah penyimpanan yang disesuaikan bervariasi sesuai dengan jumlah penyimpanan yang dibutuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Dropbox, kunjungi situs resmi Dropbox.

  1. Microsoft OneDrive
    OneDrive adalah layanan cloud storage Microsoft. Ini tidak benar-benar dimaksudkan untuk mencadangkan komputer atau perangkat seluler Anda, tetapi menawarkan akses ke file Anda di mana pun Anda berada atau perangkat apa yang Anda gunakan.

OneDrive bekerja dengan cara yang sama seperti Dropbox, saat Anda memilih folder sinkronisasi, dan saat perubahan dilakukan pada konten folder itu, perubahan diunggah ke cloud.

Jika Anda menggunakan Microsoft Office di perangkat Windows PC, Mac, iOS, Android atau Windows Mobile, Anda sudah memiliki akses ke OneDrive, baik Anda menyadarinya atau tidak. Microsoft menyertakan hingga 5 TB cloud storage OneDrive dengan langganan Office 365 “pribadi” mereka. Ini membuatnya hampir tidak perlu dipikirkan lagi bagi pengguna Office.

Microsoft menyediakan Paket OneDrive khusus penyimpanan, termasuk paket dasar 5GB gratis dan paket 50GB $1,99 per bulan.

Perusahaan Redmond juga menawarkan paket bisnis, tersedia dalam versi penyimpanan saja, atau disertakan dengan langganan Office 365. Paket berkisar dari $60 / tahun per pengguna untuk 1TB per penyimpanan pengguna, hingga $150 / tahun per biaya pengguna untuk 1TB per penyimpanan pengguna dan langganan Office 365.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi situs resmi Microsoft OneDrive.

  1. iCloud
    ICloud Apple jelas bukan tawaran terbaik di antara penyedia cloud hosting. Namun, saya tahu banyak pembaca yang memiliki iPhone, iPad, dan Mac menggunakan layanan ini karena sangat terintegrasi dengan ekosistem Apple, jadi saya merasa berkewajiban untuk memasukkannya ke dalam artikel ini. Layanan ini memiliki lebih dari 850 juta pengguna.

iCloud memungkinkan pengguna iOS, macOS dan Windows untuk menyimpan file, termasuk musik, dokumen, foto, video, dan lainnya di jaringan 11 cloud server farm Apple, yang berlokasi di Amerika Serikat, Denmark, dan Asia. Perusahaan Cupertino juga menggunakan Amazon Web Services, Microsoft Azure dan platform komputasi Google Cloud untuk menyimpan data.

Pengguna iCloud juga dapat mencadangkan perangkat iPhone, iPad, atau iPod touch mereka langsung ke cloud. Pengguna juga dapat berbagi file, musik, foto, video, dan lainnya.

Ini adalah fitur yang berguna, karena memungkinkan pengguna untuk memulihkan file mereka jika perangkat mereka hilang atau dicuri, atau jika terjadi bencana, seperti dalam kasus hard drive crash atau jika iPhone mereka rusak.

Layanan iCloud juga mencakup email, Find My iPhone, pengolah kata, spreadsheet dan perangkat lunak presentasi, serta fungsi kalender dan pengingat. Pengembang aplikasi juga dapat menyimpan data yang digunakan aplikasi mereka ke cloud storage pengguna dengan izin mereka.

Pengguna iOS menerima penyimpanan iCloud gratis sebesar 5GB saat mereka membeli perangkat iPhone, iPad, atau iPod touch. Jumlah penyimpanan yang lebih besar tersedia dengan biaya tambahan. (50GB untuk $0,99 per bulan, 200GB untuk $2,99 per bulan, atau 2TB untuk $9,99 per bulan.)

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi iCloud.

  1. Amazon Drive
    Amazon Drive (sebelumnya dikenal sebagai Amazon Cloud Drive) adalah layanan hosting cloud yang ditawarkan oleh raksasa ritel Amazon. Layanan ini menawarkan cloud storage yang aman, berbagi file, backup file dan pencetakan Foto.

Layanan ini menawarkan penyimpanan foto gratis tanpa batas untuk anggota Amazon Prime, atau mereka yang memiliki perangkat Kindle Fire. Ia juga menawarkan layanan penyimpanan terbatas berbayar sebagai langganan. Layanan ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Jepang, dan Australia. Penyimpanan gratis 5GB juga tersedia di Brasil dan Cina.

Layanan ini menawarkan aplikasi untuk digunakan dengan Windows dan Mac, serta perangkat iOS, Android, dan Kindle Fire. Aplikasi web ditawarkan untuk peramban web termasuk Internet Explorer, Firefox, Safari, dan Google Chrome.

Selain layanan gratis yang tercantum di atas, Amazon Cloud juga menawarkan opsi penyimpanan yang lebih besar dengan biaya tertentu. Penyimpanan 100GB tersedia dengan harga $19,99 per tahun, penyimpanan 1TB berlaku untuk $59,99 per tahun, dan penyimpanan 2TB tersedia dengan harga $119,98 per tahun. Pilihan penyimpanan lain, hingga 30TB per tahun, juga tersedia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Amazon Drive.

Bagaimana Cloud Storage Bekerja?

Saat Anda menyimpan file ke dalam “cloud”, Anda sebenarnya hanya menggunakan ruang hard drive orang lain yang terhubung ke internet. Pemasok cloud storage menyiapkan kelompok server yang ditempatkan di banyak lokasi di seluruh dunia. Server ini dapat diakses oleh pelanggan penyedia dari mana saja jika koneksi internet tersedia.

Pengguna dapat mengunggah, mengunduh, dan bahkan mengedit file mereka dengan menggunakan komputer, perangkat seluler, atau perangkat lain yang terhubung, menawarkan kenyamanan dan keamanan data di mana pun mereka berada.

Keuntungan cloud storage meliputi:

  • Perlindungan data
  • Akses ke data di mana pun ada koneksi internet
  • Efektivitas biaya
  • Kurangnya ketergantungan pada perangkat keras lokal yang rawan kegagalan
  • Berbagi file dengan mudah dengan rekan kerja dan klien
  • Tidak ada biaya pemeliharaan atau penggantian perangkat keras

Kekurangan penyimpanan cloud meliputi:

  • Peretas dapat memperoleh akses ke data tersebut. Ingat ” celebgate “?
  • Meskipun cloud hosting tersedia secara luas, harga untuk layanan ini sangat bervariasi, seperti halnya jumlah penyimpanan yang Anda peroleh untuk dolar yang diperoleh dengan susah payah.

Mengapa Menyimpan Data Saya di Cloud?

Ada banyak alasan mengapa cloud storage layak dipertimbangkan untuk setiap pengguna. Bisa dibilang, alasan paling menarik adalah bahwa data Anda disimpan di lokasi yang jauh, di hard drive, jauh, jauh, jauh sekali. Ini berarti aman dari bencana lokal, termasuk kebakaran, banjir, pencurian hard drive, kerusakan hard drive, lonjakan listrik, dan tumpahan kopi yang menjengkelkan.

Data Anda juga dilindungi kata sandi, menjaganya tetap terlindung dari pengintaian pihak ketiga, serta dari karyawan usil yang mungkin mengintip drive eksternal Anda.

Banyak layanan cloud menawarkan sinkronisasi file otomatis. Saat Anda menyimpan file ke sekumpulan folder yang ditentukan, data tersebut juga secara otomatis diunggah ke cloud. Ini berarti Anda tidak perlu mengingat untuk mencadangkan data Anda, karena ini dilakukan untuk Anda.

Apakah Layanan Cloud Gratis Sepadan dengan Waktu Saya?

Layanan cloud storage gratis adalah salah satu dari sedikit layanan online “gratis” yang dapat saya rekomendasikan dengan sepenuh hati. Meskipun pembaca lama mungkin tahu bahwa saya dengan gigih memperingatkan agar tidak menggunakan VPN gratis, cloud storage adalah opsi online gratis yang masuk akal.

Banyak layanan cloud storage gratis datang sebagai bagian dari langganan lain, seperti Apple iCloud, layanan Amazon Drive dan suite Microsoft Office. Ini memberikan kemampuan untuk mulai menggunakan cloud storage secara gratis, dan memperluas ke versi berbayar layanan jika dan ketika Anda melampaui opsi penyimpanan gratis awal.

Syncing Complete

Sementara salah satu dari 5 solusi penyimpanan ini akan menawarkan Anda metode harga rendah untuk menyimpan file Anda dengan aman dari mana pun Anda memiliki koneksi internet, saya menemukan yang saya suka dan paling sering digunakan adalah Google Drive.

Menurut pendapat saya, Google Drive adalah solusi penyimpanan serba guna terbaik, terutama bagi pengguna yang bekerja di komputer dan perangkat seluler mereka.

Google Drive sangat berguna bagi pengguna yang mencari cara mudah untuk berbagi dokumen dengan rekan kerja dan klien, bahkan memungkinkan mereka membuat perubahan sesuai kebutuhan. Saya juga menggunakan aplikasi Foto mereka, karena aplikasi ini menawarkan opsi cadangan foto tambahan daripada yang ditawarkan oleh opsi iCloud yang disertakan dengan iPhone saya.

FAQ Cloud Storage

  • Mana yang Lebih Aman: Google Drive atau OneDrive?
    Kedua layanan menawarkan perlindungan terenkripsi yang sebanding untuk file Anda. Baik Google Drive dan OneDrive mengirimkan file ke cloud melalui enkripsi HTTPS, lalu mengenkripsi file Anda menggunakan kunci enkripsi mereka sendiri.

Hal ini membuat lebih sulit bagi peretas untuk mendekripsi data Anda jika mereka dapat meretas ke salah satu server layanan. Namun, ini juga mempermudah kedua perusahaan untuk membaca apa yang ada di file Anda, atau menyerahkannya ke penegak hukum jika mereka dipaksa untuk melakukannya.

  • Apakah Dropbox Aman untuk File Rahasia?
    Dropbox tidak mengenkripsi file pada klien. Namun, semua file yang disimpan di server Dropbox dienkripsi. Pengguna Dropbox dapat mengenkripsi file mereka dengan menggunakan utilitas enkripsi pihak ketiga.
  • Dapatkah Saya Bermigrasi Dari Satu Penyedia Cloud Storage ke Penyedia Penyimpanan Cloud Lainnya?
    Ada banyak cara untuk bermigrasi dari satu penyedia cloud storage ke yang lain. Anda dapat mengunduh semua file Anda secara manual dari penyedia penyimpanan Anda saat ini kemudian mengunggahnya secara manual ke penyedia penyimpanan baru. Namun, ini membutuhkan waktu dan bisa lambat, tergantung kecepatan koneksi internet Anda.

Bergantung pada dua penyedia cloud storage yang akan terlibat dalam perpindahan, Anda dapat menggunakan layanan seperti Otixo , Mover , atau layanan serupa. Jika Anda ingin memindahkan file dari Dropbox ke Google Drive atau Microsoft OneDrive, Anda dapat menggunakan banyak skrip IFTTT untuk berpindah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar